Friday, October 24, 2014

Lampu LED dan Kisah Sedih Peraih Nobel Fisika 2014

Posted by amir at 1:35 AM 0 Comments

Shuji Nakamura, satu dari tiga ilmuwan pemenang Nobel Fisika 2014, tidak pernah menyangka gagasannya tentang blue-light emitting diode (LED) meraih penghargaan paling bergengsi di dunia.
Yang ia tahu, gagasan itu dikemukakan tahun 1993 dan Nichia Corporation -- perusahaan tempatnya bekerja -- memberinya hadiah 200 dolar atau Rp 2 juta. Nakamura marah, keluar dari perusahaan itu tahun 2000 dan pindah ke AS dengan membawa gagasannya.
Nichia naik pitam, dan menggugat Nakamura dengan tuduhan melanggar rahasia dagang. Nakamura balik menggugat, dan pengadilan memenangkannya. Nichia harus membayar 8,1 juta dolar, dan Nakamura menjadi karyawan di Jepang dengan hadiah terbesar berkat gagasannya.
Isamu Akasaki dan Hiroshi Amano mewujudkan gagasan Nakamura, merevolusi industri pencahayaan. Temuan ketiganya dipergunakan dari rumah sampai ke bilboard di seluruh dunia.
Quartz memperkirakan nilai paten temuan ketiganya 80 miliar dolar pada tahun 2020, karena terus diproduksi dan digunakan.
Royal Swedish Academy of Sciences mengatakan teknologi ini baru berusia 20 tahun, tapi telah memberikan kontribusi penciptaan cahaya putih dengan cara sama sekali baru.
Akasaki, kini berusia 85 tahun, adalah profesor di Universitas Meijo dan Nagoya. Amano, kini berusia 54 tahun, juga bekerja di Universitas Nagoya.
Nakamura, kini berusia 60 tahun, menetap di AS dan menjadi profesor di Universitas California, Santa Barbara. Ia tidak kembali ke Jepang setelah dikecewakan Nichia.
Temuan Akasaki, Amano, dan Nakamura, membuat dunia abad 21 diterangi LED. Dibanding lampu tabung neon yang berusia 10 ribu jam, LED berusia seratus ribu jam.
Nakamura kini boleh tersenyum, tapi dia tidak akan melupakan kisah sedinya ketika tak dihargai perusahaan yang berusaha dibesarkan.
 
Teguh Setiawan
Sumber : inilah.com, 9 Oktober 2014

Bagikan Post Ini di Sosial media

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 comments:

Blogroll

Recent News

back to top