Monday, October 13, 2014

Fisika Material Sebagai Upaya Mengenali Karakteristik Material

Posted by amir at 5:02 AM 0 Comments

Fisika Material dapat berperan dalam menemukenali perilaku yang menjadi karakteristik benda atau material untuk dimanfaatkan oleh manusia sesuai dengan sifat dan yang ditunjukkan dalam kinerja material.
Hal tersebut disampaikan Prof Dahlang Tahir MSc PhD dalam pengukuhan Guru Besarnya pada Rapat Senat Terbuka Luar Biasa di Ruang Senat Gedung Rektorat Universitas Hasanuddin (Unhas), Selasa (22/7/2014).
Prof Dahlang Tahir dikukuhkan sebagai Guru Besar dalam bidang Fisika Material pada Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) oleh Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina MA.
Dalam pidato pengukuhannya tersebut, Prof Dahlang Tahir menjelaskan beberapa karakteristik material sintesis dan biomaterial antara lain karakteristik material K (Konstanta Dielektrik) Tinggi Pengganti SiO2, Material Transparansi Tinggi, Material Polimer, Material Logam dan Oksida Logam serta Material Biomaterial Ipomoea Batatas L (Ubi Jalar Ungu).
"Dalam mikroprosesor dan memori yang banyak terdapat pada produk-produk elektronik terdapar Intergrated Circuit atau IC. Salah satu permasalahan pada Divais IC adalah bagaimana mengatasi arus bocor yang melalui SiO2 dari transistor MOS Silikon. Hal ini dapat diatasi dengan membuat paduan silikon dioksida dengan material yang memiliki nilai Konstanta Dielektrik yang tinggi seperti Zr Silikat, Hf Silikat atau La aluminat," ujarnya. (*)

Bagikan Post Ini di Sosial media

Get Updates

Subscribe to our Mailing List. We'll never share your Email address.

0 comments:

Blogroll

Recent News

back to top